Selasa, 22 Juni 2010

Jakarta Ulang Tahun

Hari ini.
22 Juni 2010.
Jakarta ulang tahun katanya. Yang ke 483.

Saya tinggal di Jakarta sejak kecil. Sangat kecil. Mungkin 1 atau 2 tahun.
Oke, bukan di Jakarta-Jakarta amat. Bekasi. Tapiiii... jarak dari rumah saya ke Jakarta cumaa.. okayy.. 10 menit. Jadi saya lebih banyak menghabiskan waktu di Jakarta. Beraktifitas disana. 

Menurut saya, Jakarta itu kota yang tidak pernah tidur. Ramai. Hidup. Spiritnya hebat. 
Bayangkan saja, semua orang sudah mulai bermacet-macet dijalan dari jam 6 pagi. Dan bahkan masih bermacet-macet di jalan di pukul 11 malam. See? Can u feel the spirit? 

Kadang-kadang, saat saya lelah setelah bekerja, menaiki bis atau metro mini jam 9 malam dan saya melihat masih banyak orang yang juga baru mau pulang dari aktifitas mereka, saya menjadi semangat lagi. Saya merasa saya tidak sendirian dalam mengais puing-puing rezeki di kota besar ini. Saya merasa banyak yang senasib dan sepenanggungan dengan saya. We fight for our living together.
Dan saya sukaaaaaa sekali melihat pemandangan kota Jakarta di waktu malam. Beautiful. Seperti foto yang saya ambil dari hasil googling ini.


Saya sangat menikmati saat-saat saya pulang kantor dengan menggunakan bus kota. Saya tidak pernah merasa terganggu dengan kemacetan karena biasanya saya menggunakan waktu-waktu itu untuk merenungi hidup saya. Konyol memang, disaat orang lain memaki-maki, saya justru menikmati. 

Saya juga menikmati saat-saat menunggu kereta di Gambir ketika saya masih bekerja di sekitaran Gambir dan harus menggunakan kereta api untuk pergi dan pulang kantor. Saya suka memandangi Monas yang terlihat dari Stasiun Gambir. My favorite time is about 7-8 pm. Saat Gambir mulai sepi. Angin malam meniup lembut. Whooaaaa... Just perfect.
Gambar di atas juga hasil googling. Indah yaaa? Sekali lagi, disaat orang-orang memaki kereta datang terlambat. Saya justru bersyukur. Setidaknya saya bisa melihat pemandangan indah ketika menunggu.
Oke..oke.. saya mengaku. Saya mulai berlebihan. Saya juga punya kekesalan terhadap Jakarta. Kadang kala saya sumpek dan jenuh di tengah-tengah kota megapolitan ini. Kadang-kadang saya benci dengan asap knalpot yang hitam gak karuan. Saya benci macet saat saya sudah terdesak waktu. Dan saya benci tingkat kejahatan Jakarta. Copet. Maling. Preman. 
Bahkan saya punya pengalaman buruk juga tentang itu. Pemabuk yang mengamen. Saat saya harus pulang kantor jam 10 malam melalui terminal Blok M, dimana semua orang tumplek disitu, pengamen ini naik ke metro mini yang saya naiki. He sang and he sat beside me afterwards. Dia mendesak saya untuk berkenalan dan mencegah saya turun. Mulutnya bau alkohol dan matanya seperti menelanjangi saya. Hiii.. Kalauu saja yang mengajak berkenalan itu pria ganteng mungkin saya gak akan gemeteran seperti waktu itu. :-D  Tapi tetap saja ya, kita harus waspada sama orang seganteng Brad Pitt sekalipun. *sigh*

Tetapi, di luar pengalaman buruk saya, sekarang ini, saat saya tidak lagi tinggal di Jakarta. Oke Bekasi yang sangat mepet Jakarta. Saat saya tinggal di Bogor, yang notabene tidak jauh dari Jakarta, dan juga kota yang cukup padat, saya merindukan Jakarta. Saya rindu kemacetannya, saya rindu hiruk pikuknya, saya rindu spiritnya. Bahkan saya rindu asap knalpotnya. *sigh* Sepertinya saya berlebihan. Dan sepertinya dari tadi saya berlebihan. :-) Tetapi, yang paling utama adalah saya rindu tempat-tempat belanjanya. Baik tempat belanja murahnya dan mahalnya. Hahahaha.. akhirnya terbongkar apa yang saya kangeni. 
Memang sih saya sering ke Jakarta kala weekend. Tetapi tetap saja. 

Di Bogor, semuanya serba dekat. Semuanya serba itu-itu saja. Saya jadi cepat bosan. No offense for Bogor citizen. Bogor kota yang sangat indah. Udaranya sejuk, bersih. Airnya dingin. Perfect getaway place. Apalagi rumah saya yang agak masuk ke kota Bogor. Perfect. Tapi mungkin saya selalu hidup di tengah hiruk pikuk. Sehingga saya masih sulit beradaptasi.Wah.. saya jadi ngelantur kemana-mana..

Anyway by the way, for all the good and bad things about Jakarta, Happy Birthday Jakarta! Selamat Ulang Tahun Jakarta! semoga saya sempat berbelanja di Great Sale-mu. :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar